Teknik
Meringkas
Bentuk
ringkas dari karangan yang masih memperlihatkan sosok dasr dari aslinya. Inti
tidak meninggalkan urutan dasar yang melandasinya. Dengan kata lain memangkas
hal-hal yang lebih kecil yang meliputi gagasan utama bacaan, kerangka dasar
masih tampak jelas.
Ciri-ciri ringkasan:
·
Inti
tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
·
Kerangka
dasr masih tampak jelas
·
Memangkas
gagasan utama menjadi lebih ringkas
·
Tujuannya
untuk memangkas gagasan.
Pada
dasarnya sama dengan ringkasan dilihat dari tujuannya, keduanya mengambil betuk
kecil dari suatu karangan panjang. Perbedaannya ikhtisar tidak mempertahankan
urutan gagasan yang membangun akarangan itu, terserah pada pembuat ikhtisar.
Untuk mengambil inti dia bebas mengambil kata-kata, asal tetap menunjukan init
dari bacaan tersebut.
Ciri- ciri ikhtisar:
·
Tidak
mempertahnkan urutan gagasan
·
Bebas
mengkombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti.
·
Tujuannya
untuk mengambil inti.
Ini rinciannya untuk bisa membedakan
antara ringkasan dengan ikhtisar, diantaranya:
Ringkasan
|
Ikhtisar
|
·
Membuat
bentuk kecil karangan
·
Mereproduksikan
kata pengarang
·
Mempertahankan
urutan gagasan karangan yang membangun sosok/ bahan karangan.
·
Penyusunan
terikat penataan, isi, dan sudut pandang.
·
Bersifat
objektif, menyusun tidak boleh mengubah susunan maupun sudut pandang.
·
Kalimat
pendek dan senada dengan kalimat bacaan.
|
·
Mengambil
intinya
·
Mereproduksikan
kembali secara kreatif kata dari pengarang.
·
Urutan
gagasan yang diungkap kembali tidak seperti urutan gagasan karangan.
·
Penyusunan
bebas, mengungkapkan apa yang menurutnya mewakili inti bacaan.
·
Subjektif,
penyusunan boleh mengubah menurutnya yang mewakili init
·
Kalimat
cenderung sesaui denag keinginan penyusuanan.
|
Langkah-langkah meringkas:
a.
membaca naskah/teks asli beberapa kali;
b.
mencatat gagasan utama penulis
c.
membuang paragraph yang berisi contoh
deskripsi atau kutipan;
d.
membuang berbagai keterangan tambahan
yang tidak penting dalam sebuah kalimat;
e.
mengubah dialog langsung ke dalam bentuk
tidak langsung;
f.
sedapat mungkin menggunakan kalimat
tunggal;
g.
menyusun ringkasan dengan mempertahankan
susunan gagasan tulisan asli.
Agar rangkuman tersebut baik, ada
beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
1.
Isi rangkuman harus sesuai dengan sumber
aslinya.
2.
Urutannya mengikuti urutan sumber
aslinya.
3.
Jika rangkuman berbentuk paragraph,
sebaiknya kalimat yang satu dengan kalimat yang lain memiliki pertalian, baik
dari segi bentuk maupun isinya.
Contoh:
Kereta api memang berbeda dengan
kendaraan bermotor lainnya. Tugas
masinis hanya mengatur kecepatan kuda kereta api. Adapun arah gerak (lurus atau
belok) tak perlu diatur, tinggal mengikuti jalur (rel) yang sudah ada. Saat
melintas persimpangan, kereta api berbelok secara otomatis sesuai formasi rel
yang disusun pengatur lintasan.
Betapa
susahnya masinis andai kereta api melaju di jalan raya. Karena berat dan
panjang, kereta api sangat sukar dikemudikan. Jangankan berbelok, mengerem saja
susah. Tak bisa seketika berhenti seperti halnya kendaraan bermotor. Makanya
kadang terjadi kecelakaan kereta api menabrak kendaraan atau orang.
Untungnya
kereta api mempunyai jalun sendiri yakni rel. Jadi lebih aman dan nyaman. Untuk
itu kita perlu berterima kasih kepada George Stephenson yang
menemukan rel kereta api.
Saat Stephenson belia, kereta api belum ditemukan. Dia tinggal di kota Wylam
Inggris dalam keadaan sangat miskin.
Setiap hari ia bekerja sebagai “sopir”
gerobak sapi. Bukan naik di atasnya, melainkan berlari di sampingnya. Untuk
membelokkan gerobak, ia menarik leher si sapi sesuai arah yang dituju.
Kemudian
dia pindah profesi mejadi kuli batubara.
Kala itu kendaraan tidak menggunakan bahan bakar minya (BBM) seperti premium
atau solar, tapi batubara (arang). Nah, tugas Stephenson adalah membersihkan
batu bara agar siap digunakan. Yap, bisa dibayangkan saban hari wajah dan
tangan ilmuwan itu pasti coreng moreng terkena arang.
Meski
demikian pekerjaan itu justru memberinya
keuntungan besar. Dia menjadi tahu
seluk beluk mesin. Ia pun akhirnya diangkat menjadi teknisi. Sayang,
pekerjaan itu tak menghindarkannya dari kemiskinan. Maka tekad pun dicanangkan,
dia akan bekerja pada James Watt (penemu
mesin uap) di Skotlandia. Karena tidak mempunyai uang, ia menempuh
perjalanan Inggris-Skotlandia dengan berjalan kaki.
Dari James Watt, Stephenson belajar
banyak tentang mesin. Akhirnya bersama William Hedley
dan Timnothy Hackworth ia berhasil membuat lokomotif pertama di dunia. Semua
mesin dalam lokomotif bernama “blucher” itu merupakan buatan tangan. Bobot
total jika tangki bahan bakar diisi penuh batubara seberat 8 ton adalah 13 ton.
Kereta api itu dijalankan pertama kali 25 Juli 1814 di kota Cilingwood.
Tahun 1825 Stephenson membangun
jaringan rel kereta api pertama di dunia,
melintasi Stockton dan Darlington. Lima tahhun kemudian dia membangun rel yang
menghubungkan kota Liverpol dengan Manchester.
Meski
merupakan ilmuwan jenius, Stephenson
tidak bisa membaca dan menulis alias buta huruf. Maklum sejak kecil dia
tidak sekolah karena orang tunya miskin. Setelah dewasa dan sukses dia
mengambil kursus baca tulis pada malam hari.
Stephenson
lahir di Inggris 9 Juni 1781. Dia adalah
pemegang hak paten lokomotif dan rel kereta api. Saat ini rel ciptaannya
dengan lebar celah 1,435 meter tak lagi digunakan. Rel modern memiliki celah
lebih besar agar memuat kereta berukuran besar pula. Dia meninggal di Inggris
pada 12 Agustus 1848.
Teks di atas dapat diambil gagasan
utamanya untuk disusun menjadi sebuah ringkasan.
1. Kereta api memang berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya.
2. bekerja sebagai “sopir” gerobak sapi.
3. pindah profesi mejadi kuli batubara.
4. pekerjaan itu justru memberinya keuntungan besar. Dia
menjadi tahu seluk beluk mesin.
5. Stephenson belajar banyak tentang mesin
6. Stephenson membangun jaringan rel kereta api pertama di
dunia.
7. Dia adalah pemegang hak paten lokomotif dan rel kereta api.
Ringkasan dalam bentuk paragraf:
Kereta
api (KA) berbeda dengan kendaraan bermotor lainnya, karena KA berjalan di atas
rel. George Stephenson, sang penemu rel KA, sebelumnya bekerja sebagai ‘sopir’
gerobak sapi, yang kemudian pindah profesi menjadi kul;I batubara. Pekerjaan
itu memberinya keuntungan, karena dia menjadi tahu tentang mesin. Akhirnya
Stephenson memutuskan belajar tentang mesin kepada James Watt. Bersama Hadley
dam Timnothy Hackworth, ia berhasil membuat lokomotif pertama di dunia. Tahun
1825 Stephenson membangun jaringan rel kereta api pertama di dunia. Dia adalah
pemegang hak paten lokomotif dan rel KA.
PELATIHAN
1
1. Apa
yang dimaksud ringkasan?
2. Apa
tujuan membuat ringkasan?
3. Jelaskan
perbedaan antara ringkasan dan ikhtisar?
4. Bagaimana
langkah-langkah membuat ringkasan?
5. Apa
yang Anda ketahui tentang ringkasan dan rangkuman?
6. Hal-hal
apa saja perlu diperhatikan dalam membuat rangkuman?
Nilai
|
Paraf Guru
|
Catatan
|
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
BalasHapusSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.net
arena-domino.org
100% Memuaskan ^-^